Yamaha Factory Disinyalir ‘Hambat’ Tim Satelitnya

Cal Crutchlow di sesi tes resmi Valencia, 2012. Sumber: MCN

Cal Crutchlow di sesi tes resmi Valencia, 2012. Sumber: MCN

Berita Sirkuit – Pebalap Tech 3 Yamaha MotoGP Cal Crutchlow dan Bradley Smith dirumorkan tidak akan mendapatkan rumah perseneling (gearbox) yang baru di sesi uji coba resmi Sepang pada 5 Februari mendatang. Gearbox baru itu merupakan hasil permintaan juara dunia musim lalu Jorge Lorenzo untuk mempertahankan gelarnya musim ini.

Honda dan Ducati sudah menggunakan sistem itu sejak 2011. Keduanya mengaku sistem baru gearbox-nya dengan pergantian perseneling yang lebih mulus itu hanya memberikan keuntungan sekitar 0,1 detik per putarannya. Perangkat baru itu menjaga stabilitas saat pebalap melakukan akselerasi dan mengganti perseneling. Perangkat itu memberikan dampak lebih baik dibandingkan yang Yamaha miliki di tahun 2012.

Di akhir 2012, bos Yamaha Factory tim Lorenzo, Wilco Zeelenberg mengatakan, meningkatkan performa gearbox merupakan target para insinyur Yamaha.

“Kami sudah memiliki power yang cukup, tetapi kami lebih membutuhkan dorongan. Menggunakan gearbox ini penting, karena Honda sudah lebih dahulu menggunakan perangkat spesial ini – yang di mana dapat memberikan mereka keuntungan. Dengan sudut kemiringan mengganti perseneling, mereka (Honda) sudah tak punya masalah lagi, dan itulah yang coba kami tingkatkan,” ujar Zeelenberg kepada MCN.

Cal Crutchlow sebagai pebalap tim satelit Yamaha yang belum akan diberikan kesempatan menggunakan perangkat itu, mengatakan:

“Kami masih memiliki gearbox yang sama sejak dulu, sedangkan Ducati dan Honda sudah menggunakan gearbox baru (seamless shift gearbox). Saya tidak mengatakan punya kami itu jelek, tapi itu bisa dikembangkan. Kami juga tahu betapa mahalnya barang itu dan hal ini bukan saya yang memutuskan. Jangan salah, karena saya tetap bisa berkembang sebagai seorang pebalap, namun kita juga perlu memperhatikan gearbox-nya,” ujar Crutchlow.

Hingga saat ini, belum ada satu kepastian pun mengenai penggunaan rumah perseneling baru itu terhadap tim satelit Yamaha. Bos Yamaha Tech 3 Herve Poncharal mengatakan, ia tak tahu kepastian gearbox yang akan digunakan kedua pebalapnya.

“Saya belum diumumkan secara resmi oleh YMC (Yamaha Motor Company) bahwa kami bisa atau tidak mendapatkan gearbox baru ini. Saya bahkan tak tahu apakah perangkat baru tersebut sudah siap digunakan oleh Lorenzo dan Rossi,” ujar Poncharal.

“Kami tetap menunggu sebelum ke Sepang di mana kami akan melakukan penjelasan dan persiapan tentang motor baru. Jelas ini merupakan kebijakan Yamaha untuk memberikan prioritas terhadap tim pabrikan untuk menguji sebuah perangkat baru. Jika ada gearbox baru di Sepang, maka sudah tentu Lorenzo dan Rossi yang akan memilikinya terlebih dahulu,” lanjut pria asal Perancis itu.

Poncharal mengaku tidak mengetahui apakah tim-nya akan mendapatkan perangkat itu. Ia berpendapat, sebelum diberikan ke tim satelitnya, Yamaha pasti akan mempertimbangkan berbagai aspek seperti apakah perangkat itu lebih baik dari versi sebelumnya, apakah mereka bisa memproduksinya dan berapa banyak yang dapat mereka produksi sebelum musim 2013 dimulai.

Meski demikian, Poncharal yakin Yamaha akan memberikan mesin serta perangkat-perangkat yang kompetitif menyerupai tim pabrikan kepada tim satelitnya, mengingat pada 2012 Yamaha Tech 3 memiliki motor yang hampir seluruhnya sama dengan milik tim pabrikan. Ia juga yakin jika tim-nya bisa berprestasi, maka hal itu juga akan menjadi kebanggan bagi Yamaha. (BEN)

Sumber: MCN

Iklan

Komentar Anda..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s