Bos Ducati: Rossi Terlalu Lama Menggunakan Motor Jepang

Valentino Rossi saat masih menggunakan Ducati.

Valentino Rossi saat masih menggunakan Ducati.

Berita Sirkuit – Kegagalan Valentino Rossi di Ducati disebabkan karena Rossi sebelumnya sudah lebih dari 10 tahun menggunakan motor buatan Jepang (Honda dan Yamaha). Hal itu disampaikan oleh bos baru Ducati, Bernhard Gobmeier.

Menurut Gobmeier, kegagalan Rossi dan Marco Melandri (mantan rekan satu tim Stoner di 2008) disebabkan karena Ducati memberikan reaksi yang benar-benar berbeda dibandingkan motor buatan Jepang.

“Saya yakin dan Ducati juga yakin, Valentino Rossi  merupakan salah satu pebalap terbaik sepanjang sejarah. Tapi saya pikir ia juga korban gen Ducati. Mereka tidak berubah terlalu banyak dari tahun 2007 hingga 2012. Motornya semakin membaik, namun pebalap seperti Melandri atau Valentino – yang sangat sensitif – mereka mengharapkan reaksi tertentu dari motornya. Jadi, ketika mereka tidak mendapatkan reaksinya, mereka kebingungan,” ujar Gobmeier.

“Caya mereka berinteraksi dengan motor sama sekali tidak cocok. Saya yakin Valentino dari sudut pandang cara membalap dan merasakan yang baik di Yamaha, menjadi bermasalah karena motor (Ducati) bereaksi sepenuhnya berbeda dengan yang pernah ia gunakan sebelumnya,” kata mantan bos tim BMW World Superbike itu.

Rossi suda berusia 32 tahun saat melakukan debutnya dengan Ducati di 2011. Gobmeier yakin hal tersebut sangat sulit bagi Rossi untuk menyesuaikan gaya yang telah ia kembangkan sejak membalap dari kecil.

“Orang-orang ini (Rossi dan Melandri) belajar cara membalap sejak masih anak-anak. Mereka tidak membalap menggunakan pikiran, tetapi perasaan alami. Mereka bergantung pada reflek dan jika kamu memberikan mereka beberapa masukan yang aneh, perasaan alaminya tidak biasa menerimanya dan mereka harus berpikir apa yang harus dilakukan. Dan ketika mereka sedang berpikir, mereka akan menjadi pelan karena hal itu tidak dilakukan secara alamiah,” tambah Gobmeier. (BEN)

Sumber: MCN

Iklan

Komentar Anda..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s