Bridgestone Sediakan Ban Khusus CRT

Berita Sirkuit - BridgestoneBerita Sirkuit – Dalam rangka meningkatkan performa tim CRT (Claimed Rule Team) di MotoGP, pihak panitia penyelenggara MotoGP (Dorna) menunjuk Bridgestone sebagai pemasok tunggal ban di MotoGP untuk memberikan ban khusus untuk CRT. Ban tersebut akan diuji pada sesi tes resmi MotoGP khusus CRT kemarin dan hari ini (Minggu-Senin, 3-4/2), di Sepang.

Dengan demikian, diharapkan jarak yang menganga terlalu lebar antara tim-tim bermotor prototip dengan tim-tim CRT yang menggunakan motor berbasis produksi masal bisa segera dipangkas.

Perbedaan ban khusus CRT dengan ban tim prototip adalah tingkat kelunakan kompon ban. Untuk tim CRT, Bridgestone akan memberikan ban yang komponnya setingkat lebih lunak dibandingkan dengan yang digunakan tim prototip.

Sebagai contoh, ketika di seri Sepang, para pebalap prototip akan diberikan pilihan ban berkompon keras (hard) dan menengah (medium). Namun nantinya bagi tim CRT akan diberikan pilihan ban berkompon menengah (medium) dan lunak (soft).

Idealnya, semakin lunak suatu kompon ban, maka akan semakin singkat pula umur ban tersebut. Begitu juga sebaliknya, semakin keras komponnya, semakin tahan lama umur ban. Hal inilah yang sedang dikerjakan Bridgestone. Mereka sedang membuat ban yang berkompon lunak namun tetap dengan tingkat ketahanan (durability) yang tinggi – khusus untuk motor-motor CRT.

Hasil pengujian ban jenis baru Bridgestone di Sepang ini akan menentukan apakah ban tersebut siap digunakan di musim 2013 atau tidak. Sayangnya, kemarin (Minggu, 3/2), sesi tes khusus CRT tidak berjalan lancar. Banyak tim yang tidak dapat melakukan uji coba dengan berbagai halangan. Untuk berita lengkap mengenai hal tersebut, klik di sini.

Proyek Bridgestone lainnya di awal musim ini adalah produk ban berkompon kerasnya yang telah direvisi. Ban berkompon keras milik Bridgestone ini sudah direvisi menjadi sedikit lebih lunak – mendekati spesifikasi ban berkompon menengah.

“Grup tes pertama musim ini akan sangat sibuk, di mana seluruh pebalap 24 jam akan terlibat di dalamnya serta tambahan 5 pebalap penguji, membuat totalnya menjadi 29 pebalap (yang melakukan uji coba),” ujar Manajer Bridgestone Hiroshi Yamada.

“Sungguh menyenangkan ada banyak pebalap akan turun di Sepang dan menunjukan meski dengan kondisi ekonomi yang sulit saat ini, MotoGP tetap dalam keadaan ‘sehat’ dan terus bertumbuh,” tambahnya lagi.

“Bridgestone memiliki rencana uji coba yang padat dan untuk saat ini merupakan kunci dari program pengembangan ban baru kami yang sedang berjalan,” ujar Yamada.

Yamada juga menambahkan, Bridgestone juga telah mengubah tanda garis putih yang membedakan jenis kompon ban. Ban dengan kompon lebih lunak akan diberi tanda. Ia memaparkan, tanda tersebut diubah agar lebih kelihatan oleh media dan penonton. (BEN)

Sumber: Crash

Iklan

Komentar Anda..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s