Direktur Teknologi MotoGP: ECU Standar Akan Pangkas Jarak CRT-Prototipe

Corrado Cechinelli. Sumber: MotoGP

Corrado Cechinelli. Sumber: MotoGP

Berita Sirkuit – Direktur Teknologi MotoGP Corrado Cechinelli mengatakan, perangkat elektronik (ECU) CRT yang dites di sesi uji coba resmi Sepang (3-4 Februari) akan memangkas jarak antara motor CRT dan prototipe.

“Manajemen mesin merupakan bagian besar dari cara kerjanya. Jadi, dengan ECU tunggal – sebuah ECU biasa, kami mencoba untuk menyamaratakan performa dan juga mengurangi biaya. Karena, mereka semua ingin menggunakan piranti lunak (software) yang sama sehingga bisa berkontribusi dalam perkembangan piranti lunaknya. Pada dasarnya tidak dikenakan biaya karena kami yang menanggungnya,” ujar Cechinelli kepada Motogp.com.

Meski adaptasi penggunaan ECU terbilang masih sangat baru – ditambah sejumlah masalah yang merundung tim CRT selama sesi tes di Sepang, Cechinelli yakin ECU tersebut akan membantu memangkas jarak CRT dan prototipe secara signifikan.

“Saya pikir akan sangat memangkas jarak (antara CRT dan prototipe). Bukan karena itu akan mengurangi performa tim-tim papan atas, tetapi karena ini merupakan ECU yang sangat kuat. Semoga ini akan mengangkat level tim-tim yang lebih kecil, yang di mana tidak memiliki struktur R&D (Riset dan Pengembangan) yang besar untuk mengembangkan piranti lunaknya secara mandiri,” tambah Cechinelli.

Menurutnya, benefit ECU tersebut akan lebih baik dari yang dimiliki tim manapun. Ia juga mengatakan, efek ECU itu akan terasa di pertengahan musim ini. (BEN)

Sumber: MotoGP

Iklan

Komentar Anda..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s