Sempat Lakukan Simulasi Balap, Marquez Tunjukan Konsistensi

Marc Marquez di sesi tes resmi MotoGP Sepang, 6 Februari 2013. Sumber: MotoGP

Marc Marquez di sesi tes resmi MotoGP Sepang, 6 Februari 2013. Sumber: MotoGP

Berita Sirkuit – Pebalap pemula fenomenal musim ini, Marc Marquez mengakhiri sesi tes resmi MotoGP di Sepang dengan bertengger di posisi 4. Torehan waktu terbaiknya adalah 2 menit 0,636 detik, lebih lambat setengah detik dari pebalap tercepat yang merupakan rekan satu timnya, Dani Pedrosa.

(Untuk hasil lengkap sesi tes resmi MotoGP Sepang tanggal 7 Februari 2013, klik di sini)

Di hari terakhir sesi tes resmi Sepang, sang juara dunia Moto2 itu sempat terperosok di tikungan terakhir sirkuit Sepang saat ingin melibas tikungan. Hal itu merupakan jatuh perdananya dari motor MotoGP yang berkapasitas 1000cc itu. Marquez tak mendapat cedera apa-apa dari insiden tersebut.

“Saya kehilangan (daya cengkram) ban depan di tikungan terakhir, tetapi kami tahu penyebab aku jatuh. Motornya menjadi sedikit bergetar saat pengereman, tetapi aku tetap coba membelokannya dan itu ternyata tidak mungkin! Saya beruntung karena itu hanya kecelakaan kecil dan tidak dalam kecepatan tinggi,” lega Marquez.

Sesaat setelah kejadian itu, Marquez langsung kembali ke trek dan menciptakan catatan waktu terbaiknya selama sesi tes resmi di Sepang. Meski demikian, catatan waktunya itu tak cukup cepat untuk mengalahkan catatan waktu sang maestro MotoGP Valentino Rossi sehingga membuat Marquez harus puas berada di posisi 4 dalam sesi tes resmi kali ini. Marquez terpaut 0,546 detik dari Pedrosa.

Selain Lorenzo, Marquez juga melakukan simulasi balap. Ia sempat melakukannya secara penuh – 20 putaran (Lorenzo hanya dapat melahap 13 putaran karena hujan turun di akhir sesi tes, klik di sini untuk melihat catatan waktu simulasi balap Lorenzo).

Meski catatan waktu di simulasi balapnya tidak pada levelnya Lorenzo, catatan waktu Marquez secara konsisten terus berada di bawah 2 menit 2,108 detik (rekor resmi catatan waktu saat balapan).

“Sore ini kami melakukan simulasi balap, 20 putaran dan ritmenya cukup bagus. Saya sangat senang,” kata pebalap Repsol Honda itu.

“Ini cukup menarik. Saya ingin mengecek kondisi fisikku dan saya senang karena di putaran terakhirku, saya berhasil mencatat waktu 2 menit 1,6 detik dan saya cukup konsisten,” ujar Marquez yang masih berusia 19 tahun tersebut.

Marquez juga menambahkan, simulasi tersebut juga mengajarkannya bahwa permasalahan dalam pengaturan motor bisa semakin terlihat saat motornya dikendarai dalam waktu yang lama. Hal tersebut terjadi karena tenaga pebalap sudah semakin berkurang di akhir.

“MotoGP cukup sulit. Oke, mungkin kalau cuma 1 putaran kamu pasti bisa, tapi yang paling sulit adalah untuk tetap konstan,” ungkap Marquez.

Sejauh ini, Marquez hanya mencoba beradaptasi di atas motor MotoGP yang berkapasitas 1000cc. Namun, di sesi tes yang akan datang, ia akan lebih mempelajari perubahan teknis pada motornya.

Ia mengaku puas dengan progresnya yang terjadi setiap hari. Sedikit demi sedikit Marquez mulai dapat mengendarai MotoGP dengan catatan waktu yang konsisten. Ia juga belajar cara memberikan informasi yang tepat kepada kru tim.

“Setiap hari saya semakin konsisten dan setiap hari saya mencoba hal-hal baru dan informasi yang saya berikan kepada tim, mereka bilang informasinya tepat. Sedikit demi sedikit saya mulai memahami MotoGP. Tapi masih ada banyak waktu tersisa selama pra musim, jadi saya harap untuk melanjutkan pembelajaran seperti ini,” tambah Marquez. (BEN)

Catatan waktu per putaran Marquez saat simulasi balap:

2:02.040
2:01.294
2:01.417
2:01.252
2:01.165
2:01.432
2:01.479
2:01.313
2:01.208
2:01.395
2:01.318
2:01.590
2:01.688
2:01.848
2:01.837
2:01.858
2:01.655
2:01.591
2:01.615

Sumber: Crash

Komentar Anda..

