Hayden dan Dovizioso Ingin Ikuti Langkah Yamaha-Honda

Circuit of The Americas (COTA).

Circuit of The Americas (COTA).

Berita Sirkuit – Kedua pebalap Ducati – Nicky Hayden dan Andrea Dovizioso – ingin mengikuti langkah yang diambil Yamaha dan Honda, melakukan uji coba di sirkuit COTA (Circuit of The Americas), Austin.

Namun, tampaknya mereka masih harus menunggu kepastian dari petinggi Ducati MotoGP apakah bisa melakukan uji coba di sirkuit COTA atau tidak. Ducati sendiri masih belum ada gelagat untuk ikut melakukan uji coba di sana.

Pasalnya, biaya yang dibutuhkan untuk melakukan tes di sirkuit baru tersebut sangat mahal. Mengingat lokasi sirkuit yang berada di benua Amerika, tentu akan memakan banyak biaya untuk transportasi dan akomodasi. Itu pun belum termasuk biaya transportasi logistik dan motor. Sesudah itu, tim masih akan dibebani biaya sewa sirkuit selama beberapa hari untuk melakukan sesi tes.

Direktur Proyek MotoGP Ducati Paolo Ciabatti mengatakan, tim harus merogoh kocek dari 300.000 euro (3,8 miliar rupiah) hingga 350.000 euro (4,5 miliar rupiah) jika ingin melakukan tes di sana. Uang dengan jumlah demikian besar terbilang cukup berat bagi pabrikan kecil asal Italia itu. Jadi, kemungkinannya Ducati justru akan melakukan tes di sirkuit yang dekat dengan markas besar Ducati, Bologna.

“Tes di Austin, hingga saat ini masih belum, tapi ‘pintunya’ masih terbuka dan saya harap mereka (petinggi Ducati) berubah pikiran,” ujar Hayden.

“Tanpa tes ini, kami tidak akan memiliki kesempatan untuk menandingi Honda dan Yamaha pada balapan nanti. Tes tersebut akan memberikan kami kesempatan bagus untuk mempelajari treknya dan menemukan pengaturan dasar motor,” tambah sang juara dunia MotoGP 2006.

Hayden dan pebalap Pramac Ducati Ben Spies masih memiliki kesempatan untuk menjajal sirkiut COTA, tetapi tidak menggunakan Desmosedici, melainkan Ducati Panigale. Ducati telah menjadwalkan sebuah peluncuran motor Ducati 1199 Panigale di Amerika Serikat, dan Ducati akan membutuhkan 2 pebalap asal Amerikanya untuk melakukan pemasaran Ducati Panigale tersebut.

Bos Honda Racing Corporate (HRC) Shuhei Nakamoto mengatakan, akan lebih baik jika Ducati juga melakukan tes di COTA. Dengan demikian bisa lebih mengangkat performa Ducati saat bersaing dengan pebalap Yamaha dan Honda.

“Jika Ducati juga bergabung dengan kami, kami senang!” kata Nakamoto.

Ia juga menambahkan kemungkinan tim satelit Honda untuk mengikuti tes tersebut.

“Jika mereka punya anggarannya.. Mungkin Cecchinello (pemilik tim LCR Honda) yang akan datang, bukan Gresini (pemilik tim Gresini Honda). Tapi mereka masih punya waktu untuk memutuskannya,” tambah pria asal Jepang itu.

Sirkuit COTA akan menggelar balap MotoGP pada seri ke 2 musim ini tanggal 19-21 April. (BEN)

Sumber: TWB

Iklan

Komentar Anda..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s