Rossi: Saya Merasa Telah Lahir Kembali

Valentino Rossi di sesi tes resmi MotoGP Sepang, 5 Februari 2013. Sumber: MotoGP

Valentino Rossi di sesi tes resmi MotoGP Sepang, 5 Februari 2013. Sumber: MotoGP

Berita Sirkuit – Valentino Rossi merasa seperti ‘lahir kembali’ pasca sesi tes resmi MotoGP Sepang, awal Februari lalu. Di akhir sesi tes resmi tersebut, juara dunia 9 kali itu bertengger di posisi 3, di belakang 2 pebalap yang jauh lebih muda darinya, Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo.

Setelah terseok-seok selama 2 musim bersama Ducati, Rossi akhirnya bisa kembali bersaing di papan atas. Pada awalnya, ia sempat ragu apakah bisa kembali ke papan atas setelah melewati 2 musim terburuk sepanjang karirnya.

“Saya katakan, saya ingin memahami apakah saya masih merupakan pebalap top. Saya sendiri juga ragu sebenarnya. Ternyata saya masih di sana (papan atas), dengan pebalap-pebalap terkuat di dunia. Salah satunya bahkan sedang berada di masa keemasan dalam karirnya,” ujar Rossi kepada Motosprint.

“Saya merasa telah lahir kembali. Saya tidak tertinggal jauh,” katanya.

Pebalap berusia 33 tahun itu mengakui, ia sudah tidak bisa melakukan apa yang menjadi keunggulannya di balap motor dalam hal strategi balap dan persiapan jelang balapan.

“Balapan dengan pertarungan 1 lawan 1 masih menjadi kekuatanku. Namun sayangnya, melihat arah perkembangan MotoGP kini, aksi pertarungan ketat menjadi semakin ditinggalkan sedikit demi sedikit dibanding beberapa waktu lalu,” ungkap Rossi.

“Hampir sudah tidak ada strategi lagi digunakan (di MotoGP, melainkan hanya mengandalkan kecepatan murni. (Sebelumnya) Anda bisa memenangkan balapan meski mungkin sedikit lebih lambat dari lawanmu: ada lebih banyak ruang untuk menemukan sesuatu,” papar pebalap asal Italia itu.

Di samping itu, Rossi menekankan, kemampuan fisik dirinya tidak menurun meski umurnya sudah terbilang cukup ‘senior’ untuk ajang balap MotoGP. Hari ini (Sabtu, 16 Februari), Rossi berulang tahun di usianya yang ke 34.

“Saya pernah membaca bahwa ‘pengalaman’ merupakan sesuatu yang memberikan pelajaran bagi dirinya sendiri. Ini kalimat yang bagus, dan ini sangat benar. Ketika Anda mengurangi risiko di situasi yang sulit, contohnya saat mulai turun hujan dan kamu masih menggunakan ban slick. Di saat itulah para pebalap muda yang ceroboh yang tak pernah jatuh dengan parah akan mencari kesempatan,” papar ‘The Doctor’.

“Setelah melewati hal itu dan terjatuh di kondisi seperti itu, mungkin secara tidak sadar, yang saya ingat hanya itu dan otakku memperingatiku untuk lebih berhati-hati. Mungkin di situ membuat saya kurang baik, tetapi secara keseluruhan, menurutku saya tidak kehilangan apa-apa,” katanya. (BEN)

Sumber: Autosport

One response to “Rossi: Saya Merasa Telah Lahir Kembali

Komentar Anda..

