Rossi-Marquez Sempat Tukar Informasi

Valentino Rossi dan Marc Marquez di sesi tes resmi MotoGP Sepang 2. Sumber; TWB

Valentino Rossi dan Marc Marquez di sesi tes resmi MotoGP Sepang 2. Sumber: TWB

Berita Sirkuit – Pebalap pemula di MotoGP yang ‘fenomenal’ Marc Marquez dan pebalap veteran Valentino Rossi sempat saling ‘bertukar’ informasi di sirkuit Sepang pada sesi tes resmi MotoGP Sepang kedua, Kamis (28/2) yang lalu.

Biasanya, ketika ada dua pebalap kuat bertemu di sirkuit saat sesi tes, yang berada di depan akan langsung melambatkan motornya agar lawannya itu bisa segera melewatinya. Hal itu dilakukan agar lawannya tidak bisa mengamati kelebihan dan kelemahan dirinya dari belakang.

Namun, hal itu tidak terjadi pada Rossi dan Marquez. 2 pebalap kuat di MotoGP itu justru malah bergantian posisi saat berdekatan. Rossi awalnya berada di depan Marquez selama 3 putaran. Kemudian bergantian Marquez yang berada di depan Rossi.

“Saya cukup senang. Pada awalnya, terasa cukup aneh (berkendara dengan Rossi). Tapi ini bagus karena saya telah melihat seorang pebalap dengan pengalaman yang banyak dan saya telah belajar banyak darinya dari hanya 3 putaran itu,” ujar Marquez mengomentari momen tersebut.

“Saya melihat gaya balapku di beberapa tikungan tidak memiliki jalur yang baik. Atau, saya mengendarai motor secara lebih ‘rumit’ darinya (Rossi). Contohnya, ia melahap beberapa tikungan dengan lebih mudah dan cepat. Sedangkan jalurku sedikit lebih sampai ke batas akhir, tapi lebih lambat. Jadi, saya belajar banyak hal. Kemudian, saya melakukan beberapa putaran di depannya. Ini cukup menyenangkan!” kata pebalap muda asal Spanyol itu.

Tak hanya Marquez, rupanya Rossi-pun juga menikmati ‘pertukaran’ informasi itu.

“Sangat menyenangkan saat melihatnya dari belakang. Awalnya kami sama-sama keluar dari pit. Saya melihatnya menunggu dan akhirnya saya berada di depannya. Ini baik karena saya tetap berada di depan selama 3 putaran dan kemudian saya memelan – jadi dia yang di depan sehingga kami masing-masing memberikan beberapa informasi, tapi juga mendapatkan sesuatu,” kata Rossi seperti dikutip Crash.

“Saya sangat menikmatinya karena gaya balapnya sangat spektakuler. Sial, dia mengendarai dengan sangat keras! Saya sangat menyukainya. Saya telah mengatakan kepadanya kemarin, ‘tahun ini kita bisa bertarung dan kita bisa menikmatinya’. Dengan Lorenzo dan Pedrosa akan lebih sulit. Ketika kamu berada di belakang mereka (saat sesi tes), mereka selalu memperlambat motornya – termasuk saya ketika mereka berada di belakang saya. Tapi dengan Marquez jadi sangat menyenangkan!” ungkap ‘The Doctor’.

Rossi berpendapat, gaya balap Marquez mirip dengan gaya balap Casey Stoner. Namun juga hal tersebut bisa dipengaruhi dari motor Honda yang dipakainya. Sang juara dunia MotoGP 7 kali itu juga memuji cara Marquez menggerakan motor, sliding, hingga sikutnya selalu menyentuh aspal saat menikung.

Marc Marquez di sesi tes resmi MotoGP Sepang 2, 2013. Sumber: Crash

Marc Marquez di sesi tes resmi MotoGP Sepang 2, 2013. Sumber: Crash

“Ini gaya balap yang jarang dan aneh. Sesuatu yang baru. Saya dan Jorge (Lorenzo) memiliki gaya balap yang lebih ‘klasik’. Milik Marquez itu sesuatu yang berbeda. Okelah yang berbeda adalah Honda-nya. Tapi kemampuannya saat sikutnya menyentuh aspal di setiap tikungan adalah sangat baik – khususnya bagi orang-orang yang menonton balapan,” kata Rossi menganalisis gaya balap Marquez.

“Saya menduga – dan sudah saya katakan dari 3 atau 4 bulan yang lalu – bahwa Marquez bisa bertarung memperebutkan kemenangan sejak awal musim,” wanti Rossi. (BEN)

Sumber: Crash

One response to “Rossi-Marquez Sempat Tukar Informasi

Komentar Anda..

