Suzuki Akan Ikut Tes Resmi MotoGP di 3 Tempat

tim Suzuki MotoGP saat sesi uji coba resmi MotoGP di Valencia, November 2011. Sumber: MCN

Tim Suzuki MotoGP saat sesi uji coba resmi MotoGP di Valencia, November 2011. Sumber: MCN

Berita Sirkuit – Suzuki berencana untuk melakukan uji coba terhadap motor barunya di setidaknya 3 tes resmi publik di Eropa pada musim ini. Pabrikan asal Jepang itu juga akan bergabung di 2 tes privat musim ini sebagai wujud keseriusan persiapannya menghadapi musim kompetisi 2014.

Meski masih belum ada persetujuan mengenai kembalinya Suzuki ke MotoGP dari pihak penyelenggara MotoGP, Dorna, departemen Suzuki bidang balap tetap menekan. Motor 1000cc milik Suzuki saat ini merupakan kembangan dari mantan pebalap, Nobuatsu Aoki. Pebalap asal Jepang itu mengkonfirmasi hal tersebut kepada media Inggris, MCN, saat berada di sesi tes resmi MotoGP Sepang II minggu lalu.

Debut Suzuki diperkirakan akan dilakukan di sesi tes MotoGP di Catalunya, pasca balapan di pertengahan Juni. Kemudian Aoki menambahkan, Suzuki juga berencana melakukan tes di sirkuit Motorland Aragon sebelum kembali ikut serta dalam tes publik di Misano.

Tes privat lainnya diperkirakan akan dilakukan di sirkuit Mugello dan Valencia di akhir musim 2013 nanti. Selain Aoki, seorang pebalap Eropa akan menjadi tandem Aoki nanti selama sesi tes. Diperkirakan Randy de Puniet juga berada dalam daftar calon pebalap Suzuki.

Di samping itu, Aoki menegaskan, Suzuki tidak akan berkompetisi di musim ini dengan menggunakan fasilitas wildcard. Ia juga memaparkan, performa motor Suzuki yang sudah pernah ia tes sebelumnya, dinilai baik.

“Perasaanku kepada motor ini (Suzuki) sangat baik. Performa mesinnya bagus, dan perasaan terhadap sasisnya juga baik. Tentu saja masih banyak hal yang harus ditingkatkan, tetapi pada dasarnya sudah bagus,” ujar Aoki.

“Saya awalnya sedikit khawatir karena mereka membuat banyak perubahan desain dan terkadang ini bisa menjadi masalah. Namun mereka melakukan pekerjaannya dengan baik dan saya cukup terkejut!” papar Aoki seperti dikutip MCN.

Aoki menghabiskan sebagian besar waktunya di sesi tes resmi MotoGP Sepang II minggu lalu untuk mengamati dan memahami strategi elektronik yang digunakan oleh Honda, Yamaha, dan Ducati.

“Di MotoGP, elektronik adalah segalanya dan karena Suzuki telah terlewat selama 2 tahun ini berarti ada perbedaan yang sangat besar di area ini antara kami dan Honda, Yamaha, Ducati. Kami harus memangkas itu,” katanya lagi. (BEN)

Sumber: MCN

Iklan

4 responses to “Suzuki Akan Ikut Tes Resmi MotoGP di 3 Tempat

  1. bagus, tinggal nunggu kawasaki, regulasi & tingginya biaya tour motogp bikin pabrikan lain enggan masuk.

Komentar Anda..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s