Gino Rea Akhirnya Dapat Berkompetisi di Moto2

Gino Rea di sesi tes resmi Moto2 Valencia, 12 November 2012. Sumber: Crash

Gino Rea di sesi tes resmi Moto2 Valencia, 12 November 2012. Sumber: Crash

Berita Sirkuit – Masih ingat dengan Gino Rea? Ia adalah seorang pebalap yang beberapa waktu lalu sempat menggalang dana demi bisa ikut serta dalam kompetisi Moto2 musim 2013.

Kini akhirnya pebalap asal Inggris tersebut bisa juga ikut serta dalam kompetisi Moto2. Namun, ia akan berkompetisi dengan status wildcard dan hanya di 11 dari 17 ronde Moto2 musim ini.

(Berita mengenai penggalangan dana bagi Rea, klik di sini)

Setelah bersusah payah mencari dana bersama sang ayah, David Rea, mereka akan menjalankan sebuah tim Moto2 yang mereka bentuk sendiri. Tim Rea akan menggunakan motor bersasis produksi FTR – produsen sasis asal Inggris. Sedangkan untuk posisi kepala kru tim, Rea akan dibantu oleh Andy Stone.

Mengenai batasan jumlah balap yang diperbolehkan untuk status wildcard, Rea mendapatkan keringanan dari pihak panitia penyelenggara MotoGP, Dorna, dan juga IRTA. Kedua organisasi tersebut memperbolehkan Rea untuk membalap dengan status wildcard dengan jumlah seri balap yang tak terbatas. Padahal, pebalap dengan status wildcard seharusnya hanya boleh membalap maksimal sebanyak 3 seri.

‘Gino Rea Race Team’ berencana akan membalap ddi seri-seri yang diadakan di benua Eropa saja. Hal itu berarti ia tidak akan membalap di GP Qatar, Sepang, Motegi, Australia, Austin, dan Indianapolis. Hal tersebut dilakukan karena ongkos membalap di luar Eropa akan menyedot uang yang tak sedikit.

Gino Rea. Sumber: Crash

Gino Rea. Sumber: Crash

Untuk menggantikan sesi tes resmi yang sudah dilewatkan oleh Rea, ia akan melakukan tes di beberapa sirkuit di Inggris. Pasalnya, tes resmi Moto2 yang tersisa hanyalah sesi tes Jerez sebelum musim balap Moto2 dimulai.

Total biaya yang dikeluarkan Rea untuk 1 seri Moto2 adalah £20,000 (hampir 300 juta rupiah). Pemenang seri balap World Supersport dan peraih podium di debutnya di Moto2 itu akan tetap mencari sponsor untuk mendanai setiap balapan yang akan dilakoninya.

“Saya sangat senang dengan adanya proyek ini. Saya ingin tetap di kejuaraan Moto2 dan menjalankan tim kami sendiri adalah satu-satunya pilihan. Ayahku dan saya akan menjalankan tim dengan motor yang didukung pabrikan FTR. Kami akan menjadi satu-satunya yang menggunakan motor buatan Inggris, jadi setiap usaha akan dilakukan untuk mencapai hasil,” ujar Rea seperti dikutip Crash.

“Tentu saja akan sulit ketika menghadapi tim yang memiliki bujet besar, tapi saya percaya kami dapat melakukannya. Jadwal uji coba kami akan sangat terbatas karena keterbatasan anggaran, tetapi saya takin FTR akan memberikan motor yang kompetitif untukku,” kata Rea optimis.

“Balap perdana kami akan dilakukan di Jerez, rode ketiga dalam kejuaraan Moto2 setelah ronde Qatar dan Austin. Sangat disayangkan kami tidak dapat balapan di sana, tetapi setidaknya kami berharap jika kami bisa menarik cukup sponsor, kami dapat melanjutkan seluruh balap di Eropa,” ungkap mantan pebalap tim Gresini Moto2 itu.

“Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang telah mendukungku sejauh ini, baik melalui GinoReaClub.com maupun secara individu. Saya kebanjiran akan kemurahan hati para pendukungku dan saya sangat ingin membayarnya dengan berada di grid Moto2 musim ini,” paparnya. (BEN)

Sumber: Crash

Iklan

Komentar Anda..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s